♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Everything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

KISAH RASULLULLAH: BIJI BUAH KURMA

Assalamu'alaikum.... Merhaba dari Turki..

Dulu sebelum tidur, Bapak Almarhum selalu mendongeng untuk saya dan saudara2 saya. Banyak sekali kisah mulai dari kisah nabi nabi sampai hikayat Abu nawas yg melekat di pikiran saya hingga saya setua ini. 


Saya pikir ada baiknya cerita-cerita yang beliau kisahkan  pada kami saat itu, saya tuangkan dalam tulisan di blog saya yang sederhana ini dengan harapan anak-anak saya kelak (dan juga pembaca yang lain) juga bisa mengenal hikayat-hikayat itu juga. 
Dan bagi saya dengan menuliskannya kembali disini dapat menjadi pengingat bagi saya akan almarhum Bapak dan kebiasaaan bercerita sebelum tidur tersebut dan meneruskan kebiasaan itu kepada anak saya, Inshallah...

Photo source ciktom.com
Suatu ketika, Rasulullah saw dan para sahabat ra sedang ifthar (buka puasa). Setiap kali mereka makan sebuah kurma, biji- biji sisanya mereka sisihkan di tempatnya masing-masing.

Beberapa saat kemudian, Ali menyadari bahwa dia memakan terlalu banyak kurma. Biji- biji kurma sisa mereka menumpuk lebih banyak di sisi Ali dibandingkan di sisi Rasulullah. Maka Ali pun secara diam- diam memindahkan biji-biji kurma tersebut ke sisi Rasulullah.

Kemudian Ali ra dengan tersipu-sipu mengatakan, “ Wahai Nabi, engkau memakan kurma lebih banyak daripada aku. Lihatlah biji-biji kurma yang menumpuk di tempatmu. ”Nabi pun tersenyum dan menjawab, “Ali, kamulah yang memakan lebih banyak kurma. Aku memakan kurma dan masih menyisakan biji-bijinya. Sedangkan engkau, memakan kurma berikut biji-bijinya”. (HR. Bukhori)


Beberapa hikmah kisah di atas:
1. Dalam kehidupan juga diwarnai senda gurau dan hal ini dicontohkan nabi kita dalam pergaulan sehari-hari
2. Senyum adalah sedekah, beruntunglah bagi orang-orang yang bersedekah dan memotivasi org lain untuk bersedekah dengan cara yang jujur dan benar walau dalam bersenda gurau, spt kisah di atas.
3. Berhati-hati dalam bertutur kata, karena untaian kalimat adalah cerminan hati.




loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my instagram

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected