♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Kıymalı Pide / #Pita bread dengan topping daging khas Turki for Idfb challenge Mar'16

For recipe in English please visit here.
Assalamu'alaikum...... Merhaba dari Turkey...

Postingan hari ini it's all about remake... Maksudnya bikin ulang makanan yang biasa kita nikmati di restoran. Karena tulisan ini saya sertakan untuk Indonesian Food Blogger Food Challenge dengan tema "Remake"
Untuk kalian para foodie yang pengen join challenge food bulan Maret ini bisa gabung di link Idfb sini.

Well... membuat makanan homemade bukan lagi hal yang jarang saya lakukan. Sejak tinggal di sebuah kota bernuansa tradisional dimana rata rata masyarakat lokal terbiasa menyajikan produk homemade bagi keluarga. Dan hampir semua yang tersaji di meja makan keluarga Turki adalah hasil olahan sendiri, maksud saya SEMUA! 
Serius. Mulai dari yogurt, keju, pasta tomat, pasta cabe, pickles/ acar, mayonese dan produk olahan lainnya. Kita senang sekali membuatnya di rumah!

Termasuk makanan lokal yang banyak disajikan di rumah makan siap saji atau restoran. Para wanita Turki senang sekali memasaknya dengan versi homemade. Karena setiap selesai menyantap makanan, setiap anggota keluarga akan memberikan ucapan terimakasih berupa "doa" kepada yang memasaknya dengan ucapan: "ellerinize sağlık" yang kurang lebih berarti "semoga tangan(mu) diberi kesehatan" ... Such a lovely thing isn't it? ^,^


Dan hal ini juga berlaku dalam keluarga saya. Sebenarnya saya dan keluarga juga jarang-jarang makan di luar, kecuali pas weekend dan liburan saja. Atau ketika saya ingin food aventure dengan merasakan makanan khas Turki dengan cita rasa asli. Jadi kita suka mencari-cari tempat makan yang enak dengan nuansa lokal yang kental, lalu saya coba bikin dirumah dengan resep hasil interogasi ibu mertua (^,^), tanya tetangga, baca buku resep, lihat tipi sampai internet. And then saya kombinasikan resep dari berbagai sumber itu agar rasanya bisa semirip mungkin seperti yang saya makan di restorant...that's my secret! ^,^

Sering juga pas saya makan di restoran (bahasa Turkinya Lokanta), saya iseng-iseng bertanya pada tukang masaknya, ini bumbunya apa saja, terus masaknya bagaimana, dst.... Tentu diawali dengan memuji masakannya... Biasanya mereka sangat ramah-terutama pada orang asing. Lalu dengan senang hati kasih tahu resep dasarnya saja.

Believe me, kamu nggak akan pernah ngerasa boring tinggal di Turki. Walau tiap hari jalan, banyak sekali tempat-tempat awesome. Setiap sudut kota adalah tempat bersejarah yang mempunyai kisah dan berusia puluhan abad silam.
Misalnya weekend kemarin ini kita jalan pengen makan Pide atau pita bread. Kita jalan melewati banyak bangunan tua peninggalan kerajaan Ottoman, misalnya Masjid Selçuk Hatun ini yang sudah berdiri sejak tahu 1450 M. 
Well... next time saya akan tuliskan tempat-tempat bersejarah di Turki yang pernah saya kunjungi di postingan khusus.
Now back to "remake" topic ya..... weekend kemarin kita sekeluarga makan Kıymalı Pide atau pide dengan topping daging cincang khas Turki. Pide adalah makanan yang umum ditemui dimana saja di Turki. Ada bermacam variasi roti pide sesuai bentuk, topping atau isiannya. Dan yang paling favorit disini adalah Kıymalı Pide ini dan peynirli pide (pide dengan topping keju). Untuk kalian yang pengen bikin juga di rumah bisa dilihat  resep-resep pide saya yang lain dalam kategori "makanan Turki".

Pide ini mirip-mirip pizza dengan bentuk lonjong panjang model perahu. Tapi teksture pide lebih chewy dari pizza yang cenderung bready. Teksture yang chewy inilah yang menjadi ciri khas pide asli Turki. Dengan aroma arang dalam oven batu yang besar menjadikan pide menjadi salah satu makanan yang "must try" ketika berkunjung ke Turki.
dibagian tengah itu adalah oven batu tradisional untuk memanggang pide/ cantık
Untuk mendapatkan teksture chewy khas restoran memang agak sulit jika dibuat dirumah. Biasanya saja beli adonan yang sudah jadi (hamur), dari pembuat roti yang banyak dijumpai tiap blok. Mereka menjual adonan mentah yang siap kita olah menjadi apa saja, mulai dari donat hingga pizza dan pide... adonan ajaib kata saya! hahahahaha...
Tapi memang untuk lebih hemat, saya sering membuatnya all from scratch... Jadi jika kalian yang penasaran pengen tahu bagaimana rasanya pide khas Turki dengan topping daging cincang...monggo...dicatet resep saya dibawah..dijamin....this is the closest taste you'll get sama kayak cita rasa asli khas Turki.
Resep Kıymalı Pide /Pita bread dengan topping daging.
by Citra Kale
Serve 4

Bahan-bahan:
Pide bread
  • 500 g terigu serba guna atau protein tinggi
  • 200 ml air hangat
  • 2 sdt ragi instant
  • 1 sdt gula
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm minyak zaitun atau minyak sayur lain
  • tepung semolina secukupnya untuk taburan (optional), bisa gunakan terigu serba guna
Untuk topping:
  • 500 gr daging cincang (saya pakai campuran daging kambing dan sapi 50:50)
  • 1 bawang bombay ukuran besar, cincang sangat halus atau parut kasar
  • 1 buah tomat umuran besar/ 2 medium, buang bagian tengah dan cincang kasar
  • 2~3 carliston chili pepper/ cabe hijau besar (bisa gunakan paprika hijau), cincang halus
  • kurleb 2 sdt garam atau sesuai selera
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm pasta tomat, larutkan dengan kurleb 100 ml air
untuk topping
Topping yag lain:
  • carliston chili pepper, dipotong potong panjang sekitar 7 cm
  • tomat, potong bentuk bulan sabit.
  • butter atau olive oil untuk olesan.

Cara membuat:

Pide; Dalam mangkok besar, larutkan ragi, gula dan 1 sdm terigu dengan 200 ml air hangat, aduk hingga semua larut. Diamkan sekitar 5~10 menit hingga berbusa.
Setelah campuran ragi berbusa, masukkan terigu dan garam sambil diuleni hingga tercampur rata. Masukkan juga olive oil, lanjutkan mengulen hingga kalis. Proses mengulen ini bisa manual atau dengan stand mixer.
Tutup adonan dengan serbet lembab atau plastic wrap dan diamkan hingga mengembang 2 kali volume (lihat ilustrasi 1)

Sementara itu buat toppingnya; campur semua bahan topping dan aduk rata. Sisihkan.

Kempiskan adonan pide dan bagi menjadi 4 bagian sama besar, bisa ditimbang atau dikira-kira saja. Bulatkan tiap bagian. 
Ambil 1 bulatan adonan, taruh di meja kerja yang telah ditaburi tepung semolina (atau terigu serba guna jika tidak ada semolina), gilas dengan rolling pin membentuk lonjong panjang, sekitar 7 mm tebalnya. Pindahkan ke atas kertas baking (lihat gambar 3).

Bagi adonan isi menjadi 4 bagian. Ambil satu bagian dan tebarkan merata diatas pide secara merata, sisakan tempat kosong sekitar 4 cm dari tepian. Ambil potongan tomat dan cabe hijau panjang, tata diatas isian daging cincang (lihat gambar 5).
Lalu lipat kedua bagian tepi pide, saling tumpuk diujungnya, membentuk seperti perahu. Pindah bersama kertas bakingnya ke atas loyang. Lakukan prosedur yang sama kesemua adonan. Diamkan sekitar 30 menit sebelum dipanggang.

Pre heat oven pada suhu 190°C . Panggang pide sekitar 30 menit hingga matang. Angkat dari oven dan segera olesi permukaan piggiran pide dengan olive oil atau butter/mentega.

Sajikan hangat.






loading...

6 comments:

  1. appetizing banget ya penampakannya... *lap iler

    ReplyDelete
  2. Sama kayak Inev. .begitu liat kog jd pengen nyoba..look delish

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener Mbk Ellen... sesuai juga untuk lidah Indonesia kita. makasih sdh berkunjung :)

      Delete
  3. menggoda banget mba... bisa nih dicobain kapan2, bookmark dulu yaah :D

    btw, salam kenal dan selamat yah menang challenge kali ini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Hulya... Salam kenal juga ya. Trima kasih ya sudah berkunjung ke "rumahku" ^,^ Yukk.. kapan kapan dicoba deh..pasti suka.

      Delete

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my G+

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com