♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

#Baklava. Resep authentic yang mudah dan lezat, selezat oleh-oleh dari Turki. For IDfb challenge Middle East

For recipe in English, please visit this link




Salam hangat..... Merhaba dari Turki.

Sebelum scrool down kebawah buat intip resepnya, saya mau kasih tahu kalau postingan ini saya sertakan dalam Indonesian Food Blogger event challenge bulan Mei dengan thema "Middle East". Kalau kalian foodie dan suka masak juga, cepetan klik link nya disini buat baca ketentuan dan cara ikutannya. Ayo... ditunggu sampai akhir Mei ini lho (^,^)
I was so exciting dengan tema Idfb bulan ini sebab daily I cook Turkish food! Makanan dan kebudayaan Turki sangat kental dengan pengaruh Timur Tengah, terutama di daerah South east. Karena wilayah geografi Turki yang berbatasan dengan beberapa wilayah bekas Uni Soviyet (north east), Timur tengah (south east) dan Eropah (bagian barat), menjadikan Turki sebagai negara yang unik baik dari segi kebudayaan dan cuisine nya. Banyak sekali hal yang bisa digali dan diketahui dari negara asal suami saya ini.

Awalnya saya ingin menampilkan cuisine dari negara tetangga middle east yang lain yang juga sangat mendunia kelezatannya. I like Moroccan Lamb yang dimasak dalam tagine. Atau Chicken Mandi dari negara Yaman yang sudah saya bikin sebelumnya. Atau saya ingin sertakan Palestenian Musakhan, bahkan famous Hawawshi dari Mesir...ppffff.... 
Semua masakan middle east are rich! seperti kaya-nya masakan Nusantara kita. We should digging deeper to their history... so you'll find keanekaragaman makanan mereka.
Sedikit gambaran wilayah Turki yang "unik"
Tapi setelah memilah milih dan buka-buka file buat bikin apa, finally saya pilih ..taarrraaa.. Baklava! Why baklava?

Siapa yang nggak kenal Baklava? Kenalan dulu yuk buat yang belum pernah dengar ..... hehehe...(^,^)  Sebab baklava ini termasuk dalam top famous dessert around the world lho. Baca link nya disini, disini dan disini juga. Jadi hampir semua orang sudah familiar, pernah mencicipi atau ingin mencicipi baklava ini. 
Oleh karena 'pesona' baklava yang sudah terkenal selevel Angelia Jolie.. (hahahaha...apa'an sih?!) maka saya pengen tampilkan baklava ini di even Idfb kali ini.

Definisi baklava sendiri adalah sejenis pastry manis yang terbuat dari berlapis lapis lembaran pastry phyllo yang tipis dengan taburan -umumnya walnut dan/ atau pistasio, hazelnut atau almond diantara beberapa lapisannya. Dan direndam dalam sirup gula yang kental atau madu. Ada juga jenis lain yang disiram susu (sütlü nuriye baklava).

Beberapa negara di kawasan Timur tengah, Mediterania Timur, Balkan dan wilayah caucasia mengklaim Baklava sebagai makanan nasional mereka. Jika menilik bahwa wilayah-wilayah tersebut dulunya adalah wilayah kekaisaran Ottoman/ Kesultanan Utsmaniyah, maka bisa disimpulkan bahwa Baklava adalah salah satu makanan peninggalan kekaisaran Ottoman.
Sebagian kecil jenis baklava
Di Turki sendiri terdapat puluhan jenis baklava base on isian, bentuk, dan asalnya. Walaupun secara umum baklava disiram dengan simple syrup, tapi beberapa saya temui ada jenis baklava dengan siraman saus cokelat yang cukup menggoda untuk dicicipi.
Untuk resep jenis baklava lain bisa check my lower part ya.

Berbeda dengan negara kita yang menyajikan kue kering atau opor ayam di hari lebaran. Baklava biasanya disajikan sebagai hidangan khusus tamu pada lebaran ramadhan atau qurban di Turki. Jadi jika kita berkunjung ke rumah sanak saudara atau kerabat dan teman,  tuan rumah akan menyajikan baklava yang kebanyakan dibuat homemade oleh tuan rumah ^,^
Tapi tentu saja kita bisa menikmati baklava anytime selain hari besar keagamaan.

Tiap regional mempunyai jenis baklavanya masing-masing, tapi yang paling favorite dan terkenal tentu saja Gaziantep baklava dimana Gaziantep (salah satu kota di South east Turki) adalah penghasil pistachio yang paling banyak dengan kualitas dunia makanya disebut dengan Antep fıstık (Pistachio). Standard layer untuk Gaziantep baklava ini sekitar 40~44 layer dengan isian pistachio/ walnut di tengah layers. Kali ini saya ingin sharing baklava khas Gazinatep tersebut.

Langkah pertama untuk membuat baklava adalah menyiapkan phyllo sheet, di Turki disebutnya yufka. Ada dua macam yufka yang umum ditemui disini, yaitu yufka untuk membuat börek, lebih tebal dan lembab. Dan yufka untuk membuat baklava, disebut baklavalık yufka, dengan lembaran phyllo yang sangat tipis transparant dan cenderung cepat kering. Baklavalık yufka inilah yang membuat baklava renyah dan berlapis tipis.
yufka untuk börek
Baklavalık yufka
Di beberapa megastore di kota besar di Indonesia, saya kira sudah mulai tersedia yufka jenis untuk baklava ini. Tapi jika tidak tersedia, jangan kawatir.... berikut saya sertakan resep komplit untuk membuat baklavalık yufka. Resepnya saya sadur dari Şeker bank Tatlı Kitab (Turkish dessert book from Şeker bank) humble translated by me.

Bahan untuk baklavalık yufka:

  • 1100 gr terigu serba guna
  • 3 telur
  • sejumput garam
  • ± 250 ml water
  • ± 1 sdm mentega, cairkan
  • ± 250 gr pati gandum/ tangmien (bisa gunakan maizena atau tapioka)
oklava/ rolling pin
Cara membuat baklavalık yufka:
  1. Sediakan meja kerja yang bersih. Taruh tepung diatas meja dan buat lubang ditengah seperti sumur. Tuang telur, garam dan mentega cair ditengahnya. Mulai mencampur perlahan-lahan dengan tepung, secara bertahap tuang air sedikit demi sedikit sambil mulai diuleni. 
  2. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah lembek, atau bisa ditambah sedikit jika adonan masih keras untuk diuleni. Uleni adonan hingga elastis dan halus.
  3. Bagi adonan menjadi 10~15 (atau 40 bagian jika ingin mendapatkan 40 layer) bagian sama besar. Tutupi dengan serbet dan istirahatkan sekitar 10 menit.
  4. Mulai menggilas dengan rolling pin tiap bagian bola diatas. Giling setipis mungkin dan lakukan hingga semua bulatan habis. Taburi dengan banyak-banyak pati jagung/ pati gandum/ tapioca diantara tiap lembaran yufka yang sudah di gilas agar tidak saling melekat nantinya.
  5. Taburi permukaan meja kerja dengan banyak pati gandum/ maizena/ tapioka dan mulai menggilas tumpukan yufka no.4 diatas menjadi lebih tipis dan lebar. Jika sudah lebih lebar, rolling pin besar biasanya diganti dengan oklava/ rolling pin yang tipis. Gilas hingga lebar untuk loyang ± ukuran 40 x 25 x 4 cm. Note: Ibu mertua saya biasanya menggilasnya tiap 5 lembar untuk memudahkan menggilas lebih lebar dan tipis.
  6. Setelah selesai dengan adonan yufka, step berikutnya ada dibawah ini. 
Lihat juga video ini untuk panduan.


Ini contoh phyllo yang pernah saya bikin, tapi untuk Dolma baklava (roll baklava). Tipis dan transparant



Bahan untuk simple syrup. Syrup kental ini harus dibuat terlebih dahulu agar ketika siap disiramkan diatas baklava sudah dalam kondisi dingin/ suhu ruang.

Simple syrup untuk baklava:
  • 1800 gr gula
  • 800 ml water (resep asli 900 ml, tapi masih terlalu encer bagi saya)
  • fresh lemon juice dari 1 jeruk lemon ( zest also)
  • 2 sdm corn syrup (optional- resep asli tak pakai)
Taruh semua bahan syrup dalam panci ukuran medium dan didihkan hingga semua gula larut. Sisihkan hingga suhu ruang.

Note:  Untuk membuat baklava yang lezat dan tetap garing, (consistency) kekentalan syrup adalah kunci. Jika terlalu kental, baklava akan menjadi keras seperti batu karena gula yang mengkristal. Jika terlalu encer, baklava akan lembek dan melempem tidak crunchy lagi.
Klihatan crunchy dan syrup-y kan tiap layernya...yummy!
 Bahan-bahan untuk membuat baklava:
  • 1 pack (800 gr) ready bought baklavalık yufka (44 lembar), atau homemade yufka seperti diatas.
  • 400 ~500 gr unsalted butter (mentega kualitas bagus), lelehkan
  • about 500~600 gr kacang walnuts cincang (saya campur dengan pistachio)
  • 400~500 gr kaymak/ mirip clotted cream (optional, tapi akan memberi rasa "asli" dari baklava)
  • ground pistachio untuk taburan
*Kaymak; salah satu produk olahan susu, yaitu "mentega susu" hasil kondensasi dari susu.
Kaymak/ clotted cream
How to:
  1. Siapkan loyang ukuran kurleb 40 x 25 x 4 cm, olesi dengan mentega leleh secara merata. Panaskan oven pada suhu 150 deg C.
  2. Siapkan yufka untuk baklava, jika ukuran terlalu besar, bisa dipotong sesuai ukuran loyang. Jika ada sisa dari potongan yufka ini, jangan dibuang ya, bisa untuk bikin Şöbiyet baklava .
  3. selalu tutup dng serbet yg lembab agar tidak kering
  4. Lalu ambil satu lembar yufka dan letakkan menutupi loyang dengan rapi. Ambil selembar lagi dan tumpuk sebagai layer kedua, dan ambil selembar lagi sebagai layer ketiga. Ingat, ngerjain nya lembar per lembar ya, jangan langsung 3 lembar ditumpuk! Lalu diatas layer ke 3, sprinkle (percik'i) dengan banyak mentega leleh secara merata. Lakukan prosedur yang sama hingga layer 20. Note: Tutupi yufka dengan handuk/ serbet yang lembab untuk mencegah yufka menjadi kering.  
  5. Pada layer ke 20, beri kaymak/ krem susu (jika pakai) secara merata lalu taburi dengan cincangan walnut dan pistachi (jika pakai). Taburkan secara merata (lihat ilustrasi B)
  6. Lanjutkan seperti prosedur no.3, tapi kali ini percik'i lelehan mentega di tiap lapisannya secara merata. Lakukan prosedur yang sama hingga adonan yufka habis. Sisakan mentega leleh untuk disiram pada bagian paling atas.
  7. Dengan pisau yang tajam, potong-potong baklava membentuk square atau diamond. Lalu siramkan sisa lelehan mentega, usahakan memercik'i juga disela-sela bagian yang dipotong. (ilustrasi C dan D).
  8. Panggang di oven hingga golden brown dan crispy/ garing. Saya panggang dengan suhu 140~150 C agar matangg dan crispy sampai lapisan paling bawah sekitar 45 menit. Suhu dan waktu memanggang hanya panduan, tiap oven menghasilkan suhu dan hasil yang berbeda.
  9. Keluarkan dari oven jika sudah matang merata dan berwarna merah keemasan. Dan segera tuang dengan syrup ketika baklava masih dalam kondisi panas, agar syrup meresap sempurna.

Mudah kan cara membuatnya.... Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 
Afiyet Şeker Olsun. Selamat menikmati

=========================================================================
Check other yummy recipe of mine:






loading...

9 comments:

  1. Hmmm menggoda sekali fotonya.. Pengeeen.. Kapan ya bisa buat juga 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. +Inas Basymeleh ... makasih. boleh kapan-kapan dibuat juga :)

      Delete
    2. Pengeeen banget.. Terlalu menggoda foto-fotonya.. Jadi isinya cuma kacang-kacang aja sama kaymak ya? Belum ada bahan-bahannya semua 😅 Semoga kapan-kapan kesampaian buat ini

      Delete
  2. asyik.. sepertinya lezat sekali sis. izin niru resepnya.

    ReplyDelete
  3. wow bikin sendiri ya semua bahannya... ckckck hebat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbk Inev... Iya bikin sendiri lebih ekonomis, terutama pas hari libur Islam disini. :)

      Delete
  4. Mba citra, mau tanya itu tangmien masuk ke adonan tepung atau hanya sebagai taburan biar ga lengket?
    Ini udah stay dimeja buat ngaduk tapi kok tiba2 bingung? :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mbk Dame Tobing...pati jagung/ tapioka/ tangmien hanya untuk taburan agar tidak lengket satu lapisan dng lapisan lainnya ketika rolling. semoga membantu.

      Delete
  5. Hai mba citra mo tanya itu tangmien masuk ke adonan tepung atau hanya sebagai taburan biar ga lengket, makasih mba

    ReplyDelete

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my G+

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com