♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

RESEP STARBUCKS ESPRESSO BROWNIES

Recipe in English please visit this link









السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Bikin brownies adalah pilihan pas buat saya kalau pengen bikin dessert yang cepat dan praktis. Gak pake mixer listrik, tinggal aduk-aduk pakai sendok kayu semuanya, lalu dioven.. selesai. 
Ngovennya juga gak lama-lama, sebab kalau terlalu ngoven hasilnya malah gak bisa fudgy alias bertekstur lembab khas brownie ala Amerika.
Aduknya juga saya gak pakai wire whisker karena kalau pakai itu teksturnya cenderung "cake-y" atau lebih menyerupai kek.

Kali ini saya bikin brownies ala starbuck .. yang terkenal dengan espresso brownie nya. Resep saya adaptasi dari blog littlespicejar dengan sedikit perubahan menyesuaikan bahan yang ada.

loading...

Resep Sayur Lodeh / Indonesian mix vegetables cook in coconut milk


Recipe in English please visit this link







السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Kalau di Jawa Timur kita sebutnya ini "jangan lodeh". Sayur lodeh ini isinya variatif sekali dan tiap daerah punya ciri masing-masing ya. Tapi intinya berisi aneka sayuran yang dimasak dengan santan. Kadang ada tambahan tahu, tempe atau udang kecil.

Saya ingat sekali waktu kecil, makan sayur ini sama kerupuk aja, sudah habisin nasi sebakul. Apalagi yang masak ibu atau simbah... waahh..jadi kangen deh 😔

Ya udah...ngobatin kangen masakan ibu, kali ini masak makanan yang mungkin hampir tiap hari ya dulu ibu atau mbsh uti bikinnya, murah, cepat dan sehat lho! 😊

Aneka sayuran yang dipotong potong sesuai selera. Disini saya biasanya pakai sayur yang ada sesuai musim saja. Misalnya sekarang ada jagung, terong, buncis, labu siam dan labu putih. 

loading...

Sate Kambing Bumbu Kacang / Indonesian Lamb or mutton satay with peanut sauce


Recipe in English please visit this link






Sate Kambing Bumbu Kacang / Indonesian Lamb or mutton satay with peanut sauce. | Çitra's Home Diary. #lambkebab #lambsatay #muttonsatay #satayrecipe #indonesiansatay #peanutsauceforsatay #peanutrecipe #indonesianrecipe #resepsatekambing #satebumbukacang #indonesiansatayrecipe #indonesisch #Indonesischvoedselrecept


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Merhaba dari Türki 👋

Apa kabar? İnshaallah dalam keadaaan sehat ya. Walau suka makan, İnshaallah semua makanan yang kita konsumsi menyehatkan dan tidak berlebihan. Tidak terbuang sisa makanan karena mubazir dan selalu berbagi dengan yang lain 😏

Dan Allāh Subhānahu wa Ta'āla menyatakan dalam Al Qurān, 

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
(Al-A'rāf : 31)

loading...

KUE KERING KACANG / INDONESIAN PEANUT COOKIES


Recipe in English please visit this link







السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋
Apa kabar?

Posting kue kering lagi ya...... Gak papa donk...sebab orang rumah (aslinya saya sih..hihihihhi) doyannya ngemil kukis dan kebiasaaan di rumah sih toples kukis nggak pernah kosong. Beneran.... at least ada satu jenis kukis di lemari.

Ya maklum....kebiasaan orang Turki kan minum teh. Pagi siang malam, minum teh. Cuaca dingin atau panas cetarrr yaa minunya teh panas.. ☕
Jadi kalau gak ada camilan bagi saya kok kurang afdol minum teh nya... 😊

Kali ini pengen sekali makan kue kering kacang. Kuker kacang ini termasuk kuker jadul dan laammmmmaaaa banget sudah gak makan ini. Dan kayaknya kukis ini makin langkah ya.... dan kalah populer dari kukis klasik lainnya maupun kukis kukis modern yang saat ini makin banyak jenisnya.
loading...

Membuat mie telur yang kenyal / Homemade noodle


Recipe in English please visit this link








السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Setelah sukses percobaan mie dari bayam beberapa hari lalu, kemarin saya dan si kecil bikin mie telor lagi. İyaa... anak saya ini suka banget makan mie, tapi sukanya yang simple dan gak banyak bumbu. Biasanya saya bikin mie goreng kecap plus ayam cincang dan sedikit sayuran. 

Kali ini bereksperimen bikin mie pakai putih telor saja, kebetulan sambil habisin stok putih telor yang lumayan banyak. 

Mie terbuat dari adonan tidak beragi dari tepung gandum kuat dicampur dengan air atau telur dan dibentuk menjadi lembaran atau berbagai bentuk, kemudian dimasak dengan cara direbus atau dipanggang~

loading...

Klasik English Fruits Cake

Recipe in English please visit this link









السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Merhaba dari Türkiye semuanya 👋

Fruitcake adalah kue yang dibuat dengan manisan atau buah kering, kacang-kacangan, dan rempah-rempah. Di Inggris-- negara asal kek ini berasal, versi lain biasanya dibekukan dan didekorasi. Fruitcake biasanya disajikan dalam perayaan pernikahan dan atau Natal.

Kue ini terasa lebih enak bila disimpan selama beberapa hari sebelum dimakan. Tapi sayangnya di rumah saya ini tidak bisa bertahan begitu saya keluarkan dari kulkas 😃

Suami saya suka banget dengan cake model yang begini. Padat dan lembab, kaya dengan isian buah-buahan di dalamnya dan rempah-rempah. 
Dia cuman request next time mungkin bisa ditambah walnut atau pistachio akan lebih enak 😊

Memang kali ini saya skip pakai kacang-kacangan itu, selain stok sedang gak ada, saya juga ingin yang versi tanpa kacang-kacangan sih...hehehhe..

Jadi untuk resep ini moms bisa menambahkan kacang-kacangan juga ya.



loading...

Resep Gado gado khas Surabaya


Recipe in English please visit this link








السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Ketemu lagi ya dengan postingan edisi kangen kampung halaman 😊 .. sekalian lagi pengen makan banyak sayuran. Sebenarnya makanan Turki juga kaya sayuran. Dan hampir semua makanan, sandingannya selalu ada salad segar.
Salad disini bisa dibuat dari bermacam-macam sayuran juga, disajikan segar dengan "dressing" atau saus salad yang sederhana, terdiri dari minyak zaitun, perasan lemon dan garam. Variasinya kadang ditambah dengan "sumac" atau kadang cuka anggur.

Suka banget makan cuman gadoin salad khas sini... Tapi yaitu tadi.. kadang kangen makanan kampung udah numpuk sampai ubun-ubun. Nah.. kebetulan yang dikangenin ini gado-gado khas Surabaya.. jadi lumayan butuh perjuangan lah bikinnya. 

loading...

Resep dasar Vanilla Panna Cotta dengan compote madu dan Blood Orange


Recipe in English please visit this link






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Panna cotta lagi.... semoga gak bosen. Sebab di rumah saya jenis dessert semacam ini sangat disukai suami. Pun gampang dan cepat sekali membuatnya.

Apa sih panna cotta itu? Panna cotta adalah kudapan pencuci mulut (dessert) yang terbuat dari cream, gula dan gelatin. Rasanya creamy dengan manis yang sesuai, mempunyai tekstur lembut dan silky. Berasal dari Piedmont, Italy.

Walau bahan dasar utama terdiri dari cream, gula dan gelatin panna cotta saat ini mempunyai banyak sekali versi dan variasi. Kita bisa variasikan dengan chocolate, buah, yogurt, kopi bahkan buttermilk dan lain-lain. Bagi yang ingin variasi lain panna cotta bisa dilihat di kategori Pudding dan variasinya disini.

loading...

Resep Donat kentang NCC

Recipe in English please visit this link






oleh: Fatma Bahalwan (NCC)

  • 500 gr terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • 200 gr kentang, kukus haluskan
  • 11 gr ragi
  • 100 gula
  • 75 gr mentega
  • 4 kuning telur
  • 1/2 sdt  garam
  • 100 ml air dingin
Cara membuat:
  1. campur trigu, susu, ragi, gula, aduk rata
  2. masukkan kentang kukus, kuning telur, dan air dingin..uleni hingga kalis
  3. beri mentega dan garam..uleni lagi hingga elastis. Istirahatkan 15 mnt
  4. bagi adonan sekitar 50 gr (saya bentuk bulat kecil-kecil) .bulatkan. diamkan 20 mnt hingga mengembang
  5. goreng hingga kecoklatan
Resep ini ikutan even resep anti gagal NCC ↓↓




loading...

Resep Sate Lilit khas Bali dan sambal matah


Recipe in English please visit this site






السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Kabar baik semua ya Inshaallah. Sudah seminggu ini hawanya menggigit sekali, tapi sejak awal musim dingin salju belum juga turun. Tahun ini di Turki tidak seperti tahun-tahun lalu, salju tidak turun terutama di wilayah Turki Barat. Saya masuk di wilayah Marmara.
Kalau salju tidak turun seperti semestinya, hawa cenderung dingin "kasar" menggigit sampai tulang, udara juga terasa tak nyaman. Ditambah bau kayu bakar atau batu bara dari rumah-rumah yang "bandel" tetap menggunakan dua bahan itu untuk penghangat- menambah polutan di udara makşn parah dan bikin nafas sesak.

Tapi tetap saja di tempat yang lebih tinggi seperti gunung Uludağ, musim dingin terasa kental dengan banyaknya salju dan turis yang datang 😊
Wilayah Turki sebelah timur, timur laut atau yang berbatas dengan bekas wilayah uni soviet, salju tebal dan beku disana.
Mudah-mudahan salju turun dalam waktu dekat ini, supaya udara lebih bersih dan hawa agak melembut. Amin.

Jadi critanya postingan kali ini menghibur diri dengan makanan tropis karena sangat merindukan suasana tropis yang hangat plus " sumuk" nya 😁
Sudah cucok belum Sate Lilit khas Bali ini buat penghibur kangen hati pemirsah?? 😊
Sandingannya sambal matah dengan aroma sereh dan daun jeruk yang tropikal banget... Pedes lho ini... tapi makannya gak pake keringetan! cuman m*l*r aja gak kuat .... (sorry sensor ya 😏)



loading...

Kembang Goyang / Rosettes / Honeycomb / Kuih Loyang Fried Cookies


Recipe in English please visit this link









السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Kemarin bersih-bersih dan bongkar lemari yang isinya loyang-loyang dan peralatan baking... Ehh.. ketemu cetakan kembang goyang yang udah lama terlupakan. Terakhir bikin kembang goyang sekitar 2 tahun lalu.... wiiihhh..lama juga ya 😃
Bukan apa-apa... bikin kueh macam begini atau bikin rempeyek kadang males... nongkrong depan kompornya yang bikin males ya...hehehhe.
Naahh... setelah nyingkirin rasa males.. akhirnya kesampaian bikin kembang goyang lagi.

Kembang goyang ini konon kue tradisional asal Betawi, sepertinya peninggalan jaman kolonial. Walau dilansir berasal dari Betawi, kembang goyang ini juga banyak ditemui di Jawa Timur maupun Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kembang goyang sendiri mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyangkan dari cetakannya di dalam minyak panas hingga terlepas dan digoreng matang merata.

Resep tradisionalnya terbuat dari tepung beras. Tapi ada juga versi yang dicampur tapioka dan atau tepung terigu untuk variasi tekstur nya.
Dalam perkembangannya, kembang goyang dibuat dengan berbagai warna dan berbagai varian bentuk cetakan.


loading...

Indonesian National Food Recipe - GADO GADO


Resep Dalam Bhs Indonesia bisa di-klik disini






First of all, I'd like to thank you for visiting my blog. Hope you can come back again and again to check up any Indonesian or Turkish food or something sweets that you might love. Your comments and emails brighten my days and make this simple blog thing worthwhile 😍💛


Selam......
Merhaba from Türkiye everybody 👋 


Indonesian cuisine is one of the most vibrant and colourful cuisines in the world, full of intense flavour. It is diverse, in part because Indonesia is composed of approximately 6,000 populated islands of the total 18,000 in the world's largest archipelago,with more than 300 ethnic groups calling Indonesia their home. Many regional cuisines exist, often based upon indigenous culture and foreign influences. Indonesia has around 5,350 traditional recipes, with 30 of them considered the most important. 



The diversity in Indonesia has led to a rich culinary heritage. From the famous rendang to Indonesian salad gado-gado, every Indonesian food is really worth to try.
Just like what I am going to share today- as my promise before from previous post, that I will post Gado gado Salad in a different post. 
So here it is..... 😃

Gado gado is one of popular Indonesian dish. Its on the list of Indonesian national dish among with others.
It's a dish consist of mix pre-boiled vegetable and fried tofu (or sometimes with tempeh) and dressing with creamy umami peanut sauce then served with kerupuk (shrimp cracker or other type of cracker). Lontong or rice cake also serve as complement. Adding simple chili sambal is most people choice to enjoy this delicious and healthy gado gado.
loading...

AUTHENTIC INDONESIAN SATAY RECIPE With Homemade Satay Peanut Sauce / RESEP SATE AYAM BUMBU KACANG


Resep dalam Bhs Indonesia ada dibagian bawah








Hello everybody...
Merhaba from Türkiye 👋

First of all, I'd like to thank you for visiting my blog. Hope you can come back, again and again, to check up any Indonesian or Turkish food or something sweets that you might love. Your comments and emails brighten my days and make this simple blog thing worthwhile 😍💛

Originated in Java, Indonesia, Satay gradually spread its appeal over the entire East Asian and Southeast Asian peninsula, before becoming a hot meal of choice among the whole world of gastronomists. While applauding the refined and luscious taste of this dish, how many of you have really wondered about the brilliant blend between the satay and the accompanying sauce? Curiously, this sauce is called by the gourmets simply Satay Sauce, without knowing, that this is, in fact, a variant of peanut sauce.

AUTHENTIC INDONESIAN SATAY RECIPE With Homemade Satay Peanut Sauce / RESEP SATE AYAM BUMBU KACANG | Çitra's Home Diary. #indonesiansatayrecipe #resepsateayam #resepbumbusatekacang #sataysaucerecipe #howtomakesataysauce #peanutsauce #chickensatay #indonesianfoodrecipe #resepmasakantradisional #bumbusateresep

I think now everyone is familiar with sate/ satay. One of Indonesia's most popular traditional foods and become everyone's favorite. And its one of Indonesian national dish among others eg; Rendang, nasi goreng, gado gado and more.
I am personally number one fan of satay . In Indonesia itself there are many types of satay from various regions and of various ingredients. 
For example, from Padang city (Sumatra), I like satay Padang.  It made of beef/ ox tongue mix with beef meet, flush with thick yellow, curry-like sauce. Sumatranese typical food.
There is also "sate kelapa" (beef / chiken satay coated with grated coconut-My best favorite) -its mostly from Madura Island. Served with peanut sauce or simple dark sweet soy sauce.


AUTHENTIC INDONESIAN SATAY RECIPE With Homemade Satay Peanut Sauce / RESEP SATE AYAM BUMBU KACANG | Çitra's Home Diary. #indonesiansatayrecipe #resepsateayam #resepbumbusatekacang #sataysaucerecipe #howtomakesataysauce #peanutsauce #chickensatay #indonesianfoodrecipe #resepmasakantradisional #bumbusateresep

Did I mention quail eggs satay, clam satay, 'tempeh' satay, mushrooms satay and there are dozens of other types of satay (which is nearly I have eaten already). For mutton/ lamb satay you check here for the recipe
Besides of many variations of satay, satay usually also served with various sauces. "Sate Padang" has different sauce from mostly generally satay sauce --You can check recipe here . There is also satay with sweet soy sauce (kecap manis) here the recipe . This time I made chicken satay with peanut sauce--the most common and popular sauce among of all.

AUTHENTIC INDONESIAN SATAY RECIPE With Homemade Satay Peanut Sauce / RESEP SATE AYAM BUMBU KACANG | Çitra's Home Diary. #indonesiansatayrecipe #resepsateayam #resepbumbusatekacang #sataysaucerecipe #howtomakesataysauce #peanutsauce #chickensatay #indonesianfoodrecipe #resepmasakantradisional #bumbusateresep
Homemade Satay peanut sauce

And today I will show and share my recipe on how to make authentic famous Indonesian satay with satay peanut sauce, all from scratch. No worry... it's easy than you think 😊
First thing first. We must make satay peanut sauce in ahead. You can keep this sauce in an airtight clean jar, store in refrigerator up to 5 days. in freezer up to 2 weeks, defrost before use. Warm-up in a microwave or over low heat stove for 2 minutes or so.
loading...

Trileçe / Pastel de Tres Leches / Tres Leches cake. Perfect and Best recipe.


Resep dalam Bhs Indonesia ada di bagian bawah







Selam......
Merhaba from Türkiye everybody  


First of all, I's like to thank you for visiting my blog. Hope you can come back again and again to check up any Indonesian or Turkish food or something sweets that you might love. Your comments and emails brighten my days and make this simple blog thing worthwhile 

T"three" and

It called 


R


Trileçe / Pastel de Tres Leches / Tres Leches cake. Perfect and Best recipe.

A
Tres leches (trileçe)

M

Trileçe / Pastel de Tres Leches / Tres Leches cake. Perfect and Best recipe.

loading...

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com