♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Everything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Resep Chicken Katsu dan sausnya / Chicken Katsu recipe with katsu sauce.


Resep in English please visit this link












السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Ketemu lagi ya... Ada yang kangen postingan saya gak sih? 😂 *GeeR monde on ya... hahaha 
Tapi kalau saya sih asli kangen pengen nulis terus lho... pengen sharing terus gitu 😊 Mudah-mudahan ada yang ambil manfaatnya.
Inshaallah masih banyak yang ingin saya share, baik masakan Turki-negara asal suami saya, atau masakan Indonesia buat saya kalau pas terserang rindu kampung halaman. Anak saya suka semua, baik Turki atau a la Indonesia 😃

Tapiiii hari ini pengen posting sesuatu yang lain. Ceritanya tiba-tiba pengen sesuatu yang "Japanese" tapi yang sesuai lidah saya dan bahannya gak susah juga di Turki. Maunya bikin ramen tapi susah nemu bahan-bahannya disini dan masih bingung dan perlu cari info pengganti beberapa bahan non-halal. Cari versi yang halal gitu.....
Yuukkk sharing ke saya yang bisa bikin ramen versi halal tapi rasanya yang mirip dengan versi otentiknya... Saya bakal berterima kasih bangeettt. ❤

Akhirnya saya putuskan bikin yang simple dan anak saya pasti suka juga..... Chicken katsu !
Sedikit tentang chicken katsu ini ya...



Katsu, atau “daging (yang) diiris” dalam bahasa Jepang, adalah daging yang dipukul ringan tipis sebelum dimasak. Chicken katsu adalah hidangan populer dari ayam goreng yang dibumbui, kemudian dibalur tepung, telur, dan terakhir dibalut remah tepung roti/ panko. Ada juga yang menyebutnya ayam panko atau tori katsu.
katsuretsu / katsu ditemukan di Jepang pada tahun 1899 di sebuah restoran Tokyo bernama Rengatei. Awalnya dianggap sebagai jenis yoshoku (versi Jepang dari masakan Eropa) hidangan itu disebut katsuretsu atau katsu. Istilah "tonkatsu" (ton= daging babi) diadopsi pada 1930-an.

Katsu telah ada di Jepang sejak akhir 1800-an (era Meiji) ketika makanan yang dipengaruhi Barat mulai dimasukkan di Jepang sebagai yōshoku 洋 食 untuk memberi makan para penjelajah dan personel militer asing. Biasa disajikan dengan kol yang diiris halus.



Membuatnyapun terbilang mudah dan cepat. Daging ayam bagian dada diiris melintang dan dibumbuhi garam dan merica. Lalu dibalut tepung, kocokan telur dan terakhir tepung panko sebelum akhirnya digoreng hingga keemasan. Umumnya disajikan dengan saus katsu, resepnya juga saya sertakan dibagian bawah. İrisan kol dan wortel sebagia sayuran pendamping.
Semoga menginspirasi 😊


Resep Chicken Katsu dengan saus katsu
By: Çitra's Home Diary

Bahan:
🐔 2 dada ayam, belah dua masing-masing.
🐔 garam sesuai selera
🐔 merica bubuk sesuai selera
🐔 bubuk bawang putih
🐔 1-2 gelas tepung terigu
🐔 2 telur, kocok dengan 3-4 sdm air
🐔 2-3 gelas panko atau tepung panir
🐔 secukupnya minyak untuk menggoreng

Untuk disajikan:
🐔 nasi putih
🐔 sawi putih / kol, iris halus
🐔 wortel, iris halus
🐔 saus mayones madu, resep ada dibawah
🐔 biji wijen hitam dan putih
🐔 daun bawang, iris halus
🐔 saus katsu, resep ada dibawah

Cara membuat:

1) Potong dada ayam menjadi dua bagian. Pukul-pukul ringan dengan pemukul daging hingga agak melebar.

2) Bumbui dada ayam dengan garam, merica, dan bubuk bawang putih (jika pakai). Bumbuhi rata disemua sisi. Tutupi dengan plastik dan diamkan dalam kulkas setidaknya 30 menit.

3) Sementara itu, siapkan 3 piring. Letakkan tepung terigu di piring pertama, kocokan telur+air di piring kedua dan tepung panko / roti di piring terakhir.
Ambil ayam satu bagian dan baluri terigu dengan rata, lalu celup dalam kocokan telur. Terakhir baluri dengan tepung panko/ tepung roti sambil ditekan-tekan ringan agar menempel.

4) Goreng ayam:
Panaskan minyak secukupnya sampai suhu 175 ℃ (350 ℉). Jika tidak ada termometer, cukup celupkan sumpit bambu dalam minyak, jika muncul banyak gelembung, itu berarti minyak sudah cukup panas untuk mulai menggoreng ayam.
Goreng ayam dalam minyak panas selama kurleb 3-4 menit setiap sisi atau sampai ayam berwarna cokelat keemasan dan matang. 
Tunggu sampai suhu kembali ke 175 ℃ (350 ℉) lagi sebelum menggoreng batch berikutnya.
Tiriskan ayam yang sudah matang.



Saus Katsu 


Bahan dan cara membuatnya:

🍾 2 sdm saus tomat

🍾 1 sdm saus tiram
🍾 3 sdt saus inggris 
🍾 ½ sdm gula

🍾 1-2 sdm air panas (secukupnya saja sampai kekentalan yg diinginkan)

⏩Campur semua bahan dan cicipi rasanya. Tambahi gula atau garam sesuai selera. Rasa saus katsu ini gurih manis sedikit asam.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Follow me at Instagram; @citra_homediary
If you making this recipe, please let me know. 
Use hashtag #citrashomediary_recipe and tag me 😊 Send me some 💚

⇓ ⇓ ⇓ ⇓ ⇓ SIMPAN INI DI PINTEREST  ⇓ ⇓ ⇓ ⇓ ⇓



https://myhomediaryinturkey.blogspot.com/2020/03/resep-chicken-katsu-dan-sausnya-chicken.html









loading...

1 comment:

  1. Hello, I enjoy reading through your article post.
    I wanted to write a little comment to support you.

    ReplyDelete

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my instagram

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected