♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Membuat mie telur yang kenyal / Homemade noodle


Recipe in English please visit this link








السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Setelah sukses percobaan mie dari bayam beberapa hari lalu, kemarin saya dan si kecil bikin mie telor lagi. İyaa... anak saya ini suka banget makan mie, tapi sukanya yang simple dan gak banyak bumbu. Biasanya saya bikin mie goreng kecap plus ayam cincang dan sedikit sayuran. 

Kali ini bereksperimen bikin mie pakai putih telor saja, kebetulan sambil habisin stok putih telor yang lumayan banyak. 

Mie terbuat dari adonan tidak beragi dari tepung gandum kuat dicampur dengan air atau telur dan dibentuk menjadi lembaran atau berbagai bentuk, kemudian dimasak dengan cara direbus atau dipanggang~

Yuk aahh.. lagi ngantuk banget pas nulis postingan ini..jadi langsung cuss ke resep mie homemade a la saya ya...

Membuat mie telor sendiri
Oleh: Çitra's Home Diary

Bahan:
🍜 100 gr putih telur (kalau ada telor bebek/ angsa lebih baik)
🍜 150 gr air
🍜 ½ sdm garam
🍜 1 sdt baking powder
🍜 550-600 gr tepung roti (kandungan protein >12% protein)
🍜 tapioka atau pati jagung untuk taburan

Cara membuat:

1.Kocok putih telur dan air hingga rata. Ayak jadi satu tepung, garam dan baking powder. Lalu tuang bahan basah ke bagian tengah campuran tepung.

2. Campur rata dan uleni hingga semua tepung bergumpal. Adonan memang terlihat keras dan seperti kering, tapi jangan ditambah air lagi. Jika ada tepung yang masih belum bergumpal, coba campurkan ke adonan yang bergumpal hingga tidak ada bahan kering yang tersisa.

3. Uleni terus sampai bisa dikepal. Tekan keras hingga rata dan agak halus. Tidak perlu elastis ya. Adonan tidak membutuhkan proses pengulenan sampai kalis. Proses "pengulenan" yang sebenarnya pada proses penggilingan nanti. Bungkus dengan plastik wrap dan istirahatkan kurşeb 1 jam dalam lemari es.

4. Ambil adonan yang sudah diistirahatkan dan bagi menjadi 4 bagian. Gilas 1 bagian dengan mesin penggiling mie ( bagian yang lain bungkus agar tdk kering). Mulai dengan gilingan yang paling tebal. Adonan pada awalnya akan terlihat kasar dan tidak rata (gambar #1). Gilas dan lipat rapi lagi hingga mendapatkan lembaran halus (gambar #2). 
Lakukan hingga semua bagian habis.
Proses penggilasan ini penting untuk mendapatkan tekstur mie yang kenyal dan tidak mudah putus.
Bungkus lagi lembaran yang sudah halus dan simpan dalam lemari es kurleb 30-40 mnt lagi.


5. Setelah 30-40 mnt, ambil lembaran mie tadi. Lalu gilas lagi mulai dari yang tebal hingga ketebalan yang diinginkan. Gilasnya berkali-kali ya agar elastis dan halus. Jangan lupa taburi tapioka agar mie nantinya tidak lengket.
Setelah mendapatkan lembaran mie yang halus dan elastis, taburi lagi dengan tapioka/ pati jagung, lalu potong sesuai selera. Taburi lagi mie yang sudah dipotong dengan tapioka.
Diamkan beberapa menit hingga agak kering. Bisa digantung dengan gantungan mie/ pasta atau di letakkan dimeja.

6. Setelah agak kering, mie bisa digulung sesuai porsi yang diinginkan. lalu diamkan lagi beberapa menit. Taburi plastik / kotak penyimpanan dengan sedikit tapioka lalu simpan mie ke dalamnya. Usahakan 1 lapisan saja. Bisa disusun tapi 2 lapisan saja. Simpan dalam lemari es.
Mie mentah ini bisa disimpan selama 3 hari.


Cara merebus mie:

Didihkan air banyak. Lalu beri sedikit minyak goreng. Masukkan mie 1-2 porsi saja. Aduk-aduk ringan dengan sumpit agar terburai. Masak sebentar saja sampai mie mengapung, kurleb 1-2menit saja. Jangan terlalu lama.
Saring dan cuci mie basah dengan air mengalir dan tiriskan. Siram dengan sedikit minyak sayur dan aduk rata agar mie basah tidak saling lengket.
Mie basah bisa disimpan dalam tempat bersih dalam lemari es maksimal 3 hari sebelum diolah.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Follow me at Instagram; @citra_homediary
If you making this recipe, please let me know. 
Use hashtag #citrashomediary_recipe and tag me 😊 Send me some 💚

⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ SIMPAN INI DI PINTEREST ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊







loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my G+

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com