♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

KUE KERING KACANG / INDONESIAN PEANUT COOKIES


Recipe in English please visit this link










السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋
Apa kabar?

Posting kue kering lagi ya...... Gak papa donk...sebab orang rumah (aslinya saya sih..hihihihhi) doyannya ngemil kukis dan kebiasaaan di rumah sih toples kukis nggak pernah kosong. Beneran.... at least ada satu jenis kukis di lemari.

Ya maklum....kebiasaan orang Turki kan minum teh. Pagi siang malam, minum teh. Cuaca dingin atau panas cetarrr yaa minunya teh panas.. ☕
Jadi kalau gak ada camilan bagi saya kok kurang afdol minum teh nya... 😊

Kali ini pengen sekali makan kue kering kacang. Kuker kacang ini termasuk kuker jadul dan laammmmmaaaa banget sudah gak makan ini. Dan kayaknya kukis ini makin langkah ya.... dan kalah populer dari kukis klasik lainnya maupun kukis kukis modern yang saat ini makin banyak jenisnya.
Dulu sewaktu kecil paling enggak tiap lebaran ada kukis kacang ini diantara kukis jadul lainnya dan Khon ghuan biscuit! Jika dulu nenek almarhum atau keluarga mengajak berkunjung ke anggota keluarga lainnya pas lebaran (waktu itu sekitar tahun 80an) kukis ini selalu jadi favorit saya.
Saya gak ingat pasti kapan terakhir makan kue kering kacang ini terakhir kali sebab awal tahun 90an sudah jarang orang menyajikan kukis kacang ini kalo pas lebaran. Di toko-toko kecil sih masih ada yang jual walau sudah mulai jarang.


Makanya jadi kangen banget dengan kue kering ini. Almarhum nenek mungkin bisa membuatnya tapi baik ibu dan tante-tante saya tidak pernah membuatnya dan tidak pernah bertanya resepnya dari nenek ( mbah uti)... 😩

Sampai akhirnya pas jalan-jalan ke blognya mbak Diah Didi nemu resep yang priceless ini. Ya udah.... langsung cus ke dapur, dan seperti biasa dibantu asisten kecil saya yang cantik dan imut, kita bikin kukis ini. Hasilnya...... membawa saya ke nuansa masa kecil dulu di Surabaya tahun 80an.... *nggak lebay lho..😊

Yukk..ikutan nyontek resepnya. 

KUE KERİNG KACANG / INDONESİAN PEANUT COOKİES
Adaptasi dari Diah Didi dengan sedikit modifikasi
Menjadi sekitar 950gr

Bahan-Bahan:
  • 400 gr terigu serba guna
  • 250 gr kacang tanah sangrai-kupas kulitnya
  • 150 gr icing sugar
  • 2 sdm susu bubuk (optional--resep asli tidak pakai)
  • 1 sdt garam halus
  • ¼ sdt bubuk vanili (saya pakai pasta vanili)
  • 200 grminyak ( saya gunakan peanut oil  ± 230 gr, lebih dari resep asli)
Untuk topping:
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm margarine (saya pakai 2 sdm oil)
  • irisan almond /kacang (optional)


Cara Membuat :

Blender kacang tanah sangrai hingga halus. Saya blender kacang tanah dengan sebagian gula icing, blender hingga halus seperti gambar (A) diatas.

Dalam wadah yang cukup besar campur tepung terigu, susu bubuk, gula halus, garam, vanili dan kacang tanah sangrai halus. Campurkan peanut oil sedikit demi sedikit sambil mulai diuleni/ diaduk hingga tercampur rata. Penambahan minyak ini bisa lebih sedikit atau banyak dari resep tergantung kelembaban adonan yang terbentuk. Tandanya adonan mulai lembab berminyak dan dapat dibentuk/ dipulung. Lihat gambar (B)


Tutup adonan dengan plastik dan simpan adonan didalam kulkas selama kurang lebih 1 jam.
Setelah 1 jam, diamkan sebentar dalam suhu ruang. Lalu gilas adonan dengan beralaskan plastik sheet atau kertas baking agar tidak lengket dan mudah pengerjaannya. Lalu cetak.

Pre heat oven suhu 
140°C (fan) atau 160°C (resep asli suhu 170°C)--tentu sesuaikan kondisi oven masing masing. Kocok rata kuning telur dan minyak. Tata kukis yang sudah dicetak diatas loyang kukis yang sudah dialasi baking paper (atau dioles margarin).
Olesi kuning telur dan taburi topping jika pakai. Lalu panggang hingga kuning keemasan dan crunchy. Saya panggangnya sekitar 40 menit.
Diamkan hingga dingin baru disimpan dalam toples.

Happy baking. Semoga bermanfaat.


Follow me at Instagram; @citra_homediary
If you making this recipe, please let me know. 
Use hashtag #citrashomediary_recipe and tag me 😊 Send me some 💚

⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ SIMPAN INI DI PINTEREST ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊

********************************************************************************************************************


loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my G+

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected