♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Everything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Resep Gado gado khas Surabaya


Recipe in English please visit this link










السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Ketemu lagi ya dengan postingan edisi kangen kampung halaman 😊 .. sekalian lagi pengen makan banyak sayuran. Sebenarnya makanan Turki juga kaya sayuran. Dan hampir semua makanan, sandingannya selalu ada salad segar.
Salad disini bisa dibuat dari bermacam-macam sayuran juga, disajikan segar dengan "dressing" atau saus salad yang sederhana, terdiri dari minyak zaitun, perasan lemon dan garam. Variasinya kadang ditambah dengan "sumac" atau kadang cuka anggur.

Suka banget makan cuman gadoin salad khas sini... Tapi yaitu tadi.. kadang kangen makanan kampung udah numpuk sampai ubun-ubun. Nah.. kebetulan yang dikangenin ini gado-gado khas Surabaya.. jadi lumayan butuh perjuangan lah bikinnya. 

Biasanya saya bikin bumbunya dulu.. kan bisa disimpan tuh. Kalau butuh tinggal dipanaskan dalam microwave aja. Tapi jauh-jauh hari sebelumnya saya udah nanem atau bikin taoge sendiri 😊 atau bikin tahu sendiri....
Tuuhh kan temans.... kebayang nggak repotnya bikin gado gado kalau jauh dari kampung halaman gini.. terutama di negara yang mahal atau jarang ada sayur dan bahan khas Indonesia ( Asia). Semua harus swadaya...bikin sendiri.

Yaahh... semua tinggal diambil hikmahnya aja... dengan begini hikmahnya saya jadi kreatif dan rajin...hihihihi.. 😃

Oke... back to laptop ya... (hihihihi..😃).. kali ini pengen sharing resep gado-gado yang saya bikin kemarin.
Sebelumnya menu gado-gado ini juga saya sajikan pas jadi "guest cook" di Istanbul seminggu sebelumnya dalam event "Beyond Indonesia Kitchen". Lihat linknya disini untuk liputannya. Dalam event itu saya memasak dan menyajikan beberapa makanan khas Indonesia untuk teman-teman expat di Istanbul diantaranya berasal dari Amerika, Jerman, Prancis, Ukrania, Korea Selatan, Inggris dan Philipina.



Oke.. yang belum kenal gado-gado khas Surabaya, bisa dicoba juga ya. Gado-gado Surabaya ini memang agak berbeda dengan gado gado khas Jakarta yang saya tahu. Bumbu gado-gado Surabaya dibuat banyak sekaligus dan menggunakan santan yang disiramkan diatas sayuran. Bukan seperti gado-gado khas Jakarta/ betawi yang dibikin per- batch/ porsi dengan diuleg langsung dan sayur dicampurkan seperti membuat rujak khas Jawa Timur.

Macam-macam dan beragam ya makanan Nusantara kita 😊

Resep Gado-gado khas Surabaya
Oleh: Çitra's Home diary

Bahan Saus saus kacang:

🥗 4-6 Tbsp minyak sayur
🥗 150 gr (1 gelas) kacang tanah
🥗 4 cabai merah
🥗 6-7 siung bawang putih
🥗 2 sdt garam atau secukupnya
🥗 100 gula aren / gula merah
🥗 1½ gelas air
🥗 2 sdm asam jawa kental
🥗 500 ml (2 gelas) santan kental sedang *
🥗 1 ½-2 sendok makan tepung beras, encerkan dalam ½ gelas air

Catatan: (*) Saya mengencerkan 200 ml krem santan kental hingga 500 ml
1 gelas = 250 ml

Cara membuat saus kacang:

1) Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng kacang sampai hampir matang. Kemudian tambahkan bawang putih dan cabai merah, lanjutkan goreng 2 atau 3 menit lagi atau sampai kacang matang. Matikan api.

2) Campur semuanya (termasuk minyak untuk menggoreng tadi) dengan garam, gula aren dan air. Blender sampai benar-benar halus. 

3) Pindah ke dalam panci saus, tambahkan santan, pasta asam dan tepung beras yang sudah diencerkan. Masak sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih. Matikan api dan pindah ke toples bersih.
Catatan: konsistensi saus sedang saja, jangan terlalu encer atau kental.

Saus gado gado Anda siap digunakan. Simpan di lemari es hingga 5 hari, panaskan sebentar saja secukupnya jika ingin pakai.

Pelengkap:
🥗 Lontong, lihat cara membuat lontong disini
🥗 Tahu goreng, potong-potong
🥗 Telur rebus
🥗 Kentang rebus
🥗 Kol, iris halus dan rebus
🥗 Taoge, randam air panas beberapa menit sampai layu.
🥗 Salada, potong kasar
🥗 Mentimun/ tomat (opsional)
🥗 Kerupuk udang
🥗 Emping melinjo
🥗 Bawang goreng
🥗 Sambal, resep sambal di bawah ⇩


Bahan dan cara membuat sambal:
🍲 3-4 bawang putih
🍲 6-7 cabe merah
🍲 cabe rawit sesuai selera
🍲 garam

Rebus semua bahan kecuali garam hingga layu. Lalu uleg atau blender hingga halus. Tambahkan garam dan air secukupnya. Rebus lagi hingga mendidih.
Sambal siap dipakai. Bisa untuk sambal bakso.

Cara menyajikan gado-gado:

Taruh potongan lontong diatas piring, lalu susun rebusan kol, taoge, potongan kentang dan daun selada yang dipotong kasar. Potong-potong tahu dan telur rebus, lalu siram dengan bumbu kacang. Taburi bawang goreng dan sajikan dengan kerupuk dan emping melinjo dan sambal.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Follow me at Instagram; @citra_homediary
If you making this recipe, please let me know. 
Use hashtag #citrashomediary_recipe and tag me 😊 Send me some 💚

⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ SIMPAN INI DI PINTEREST ⇊ ⇊ ⇊ ⇊ ⇊









loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my instagram

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected