♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Anything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Resep Sate Lilit khas Bali dan sambal matah


Recipe in English please visit this site










السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Kabar baik semua ya Inshaallah. Sudah seminggu ini hawanya menggigit sekali, tapi sejak awal musim dingin salju belum juga turun. Tahun ini di Turki tidak seperti tahun-tahun lalu, salju tidak turun terutama di wilayah Turki Barat. Saya masuk di wilayah Marmara.
Kalau salju tidak turun seperti semestinya, hawa cenderung dingin "kasar" menggigit sampai tulang, udara juga terasa tak nyaman. Ditambah bau kayu bakar atau batu bara dari rumah-rumah yang "bandel" tetap menggunakan dua bahan itu untuk penghangat- menambah polutan di udara makşn parah dan bikin nafas sesak.

Tapi tetap saja di tempat yang lebih tinggi seperti gunung Uludağ, musim dingin terasa kental dengan banyaknya salju dan turis yang datang 😊
Wilayah Turki sebelah timur, timur laut atau yang berbatas dengan bekas wilayah uni soviet, salju tebal dan beku disana.
Mudah-mudahan salju turun dalam waktu dekat ini, supaya udara lebih bersih dan hawa agak melembut. Amin.

Jadi critanya postingan kali ini menghibur diri dengan makanan tropis karena sangat merindukan suasana tropis yang hangat plus " sumuk" nya 😁
Sudah cucok belum Sate Lilit khas Bali ini buat penghibur kangen hati pemirsah?? 😊
Sandingannya sambal matah dengan aroma sereh dan daun jeruk yang tropikal banget... Pedes lho ini... tapi makannya gak pake keringetan! cuman m*l*r aja gak kuat .... (sorry sensor ya 😏)



Alhamdulillah pas musim panas lalu diberi teman yang baik tingkat dewa beberapa batang sereh buat ditanam. Mau masuk musim dingin sudah lumayan ada anakan pada keluar jadi agak lebat. Tapi saya gak ambil banyak-banyak... eman-eman takut mati.
Teman yang tinggal di Istanbul itu juga kasih bibit cabe pedas. Memang nanemnya agak telat, tapi gak pa-pa..ternyata musim dingin ini ada yang bisa dipanen. Jadi bisalah buat bikin sambal matah 😊
Biasanya kalau udah musim dingin gini sampai nanti musim panas mo habis, di pasar gak bakal nemu cabe segar.

Oh iya, resepnya saya dapat dari sajian sedap. Resep lama yang sudah sering saya bikin tapi baru kali ini bisa sempat pepotoan.
Yuukk.. yang pengen bikin juga... siapn sambal matah nya juga ya.
Oh iya, daging ayam sebagian bisa diganti dengan daging ikan, jadi porsi daging ikannya lebih banyak lagi, jika suka.


RESEP SATE LİLİT KHAS BALİ
oleh: Çitra's Home Diary

Bahan:
🍡 250 gr daging ikan giling
🍡 200 gr daging ayam giling (bisa dikurangi dan ganti dengan daging ikan)
🍡 40 gr kelapa parut kering (±100 gr kelapa parut segar)
🍡 1 sdt gula
🍡 1-2 sdt garam atau sesuai selera
🍡 1 sdt merica bubuk
🍡 1 sereh digeprak dan diiris halus
🍡 4 lembar daun jeruk buang tulang dan iris halus
🍡 beberapa batang sereh untuk tusuk sate

Bumbu halus:
🍡 3 cabe merah
🍡 2 cabe merah keriting (sesuai selera pedasnya)
🍡 1 bwng merah besar ( 6-7 bwng merah)
🍡 5 siung bwng putih
🍡 1 cm ruas jahe bakar
🍡 2 lmbr daun jeruk
🍡 2 cm knyit bakar atau 1/2 sdt kunyit bubuk
🍡 2-3 kemiri bakar
🍡 1 sdt terasi bakar
🍡 2-3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:

1. Campur jadi satu daging ikan giling, ayam giling dan kelapa dalam wadah. Tumis bumbu halus hingga wangi dan berminyak. Lalu campurkan ke wadah berisi ikan dan ayam tadi.
2. Campurkan bahan lain (kecuali sereh untuk tusukan sate), aduk rata. Tes rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Tambahi garam, gula atau merica sesuai selera.
3. Ambil sedikit adonan sate lalu lilitkan ke sereh bagian putih bentuk rapi seperti pentul. Olesi telapak dengan sedikit minyak agar tidak lengket.
4. Bakar diatas arang atau dengan pan anti lengket. Sajikan dengan sambal matah.

Sambal matah

 sambal matah:
  • 10 bawang merah, iris halus tipis
  • 2 bawang putih, iris tipis
  • 10-15 cabe rawit (sesuaikan pedas sesuai selera)
  • 3 daun jeruk, buang tulang dan iris tipis
  • 3 sereh, iris tipis bagian putihnya saja
  • ¼ sdt trasi bakar
  • ¼ sdt garam atau sesuai selera
  • 3~5 sdm minyak sayur
  • perasan jeruk nipis/ lemon
Membuat sambal matah:

Campur semua bahan, kecuali minyak dan perasan jeruk nipis.
Aduk rata dalam mangkok.
Panaskan minyak sayur hingga hampir beruap, lalu tuang ke campuran sambal diatas, aduk rata.
Perasi jeruk nipis dan siap disajikan.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

⇊⇊⇊⇊⇊ SİMPAN İNİ Dİ PİNTEREST ⇊⇊⇊⇊⇊






loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my G+

I've been writing this blog:

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected