♥♥ When two Cultures mixed (。◕‿◕。) Everything in my Page are only simple thing, but I did it with great love.

Resep dasar Vanilla Panna Cotta dengan compote madu dan Blood Orange


Recipe in English please visit this link








السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Merhaba dari Türki semuanya 👋

Panna cotta lagi.... semoga gak bosen. Sebab di rumah saya jenis dessert semacam ini sangat disukai suami. Pun gampang dan cepat sekali membuatnya.

Apa sih panna cotta itu? Panna cotta adalah kudapan pencuci mulut (dessert) yang terbuat dari cream, gula dan gelatin. Rasanya creamy dengan manis yang sesuai, mempunyai tekstur lembut dan silky. Berasal dari Piedmont, Italy.

Walau bahan dasar utama terdiri dari cream, gula dan gelatin panna cotta saat ini mempunyai banyak sekali versi dan variasi. Kita bisa variasikan dengan chocolate, buah, yogurt, kopi bahkan buttermilk dan lain-lain. Bagi yang ingin variasi lain panna cotta bisa dilihat di kategori Pudding dan variasinya disini.

Cara penyajiannyapun kini lebih bervariasi. Secara tradisional panna cotta ini menggunakan cetakan lalu disajikan diatas piring saji dengan topping atau saus lainnya. Kini panna cotta bisa disajikan dalam gelas atau mangkok kecil. Bahkan di beberapa restoran, panna cotta disajikan secara cantik dengan sendok cekung. Jadi makannya sekali haapp saja 😃

Untuk topping atau saus pendamping panna cotta sendiri sangat-sangat banyak variasinya sesuai dengan selera kita masing-masing. 
Dan kali ini saya membuat Basic Vanilla Panna cotta dengan topping blood orange dan madu.
Rasanya? hhmmm....bikin yuk..biar bisa ngerti bagaimana rasanya ^,^


Basic Vanilla Panna Cotta with Honey blood orange compote
By: Citra's Home Diary

Bahan-bahan:
  • 300 ml heavy cream
  • 100 ml  + 80 ml susu cair (pisahkan)
  • 55 g gula pasir
  • 3 sdt gelatin bubuk
  • 1 sdt vanilla essence or 1 vanilla bean, belah dan scrap bagian tengahnya
  • sejumput garam
  • 3~4 blood orange ukuran sedang, diambil dagingnya saja dan peras juicenya*
  • 1~2 sdm madu
(*) bisa gunakan jenis jeruk manis lain. Lihat ilustrasi dibawah bagaimana cara mengambil daging jeruk diantara membrannya (contoh tsb bukan dari jenis jeruk blood orange)

Cara men"segment" jeruk
Cara membuat:
  1. Taruh 80 ml susu cair dalam mangkok, taburkan gelatin bubuk diatasnya dan diamkan sekitar 5 sampai 10 menit sampai gelatin menyerap susu.
  2. Panaskan cream, sisa susu (100 ml), gula dan garam diatas api sedang. Masukkan vanilla, aduk-aduk hingga hangat hampir mendidih-JANGAN SAMPAI MENDIDIH.
  3. Ambil larutan cream-susu sekitar  1 gelas dan masukkan ke dalam mangkok gelatin, aduk rata hingga gelatin larut. Proses ini dinamakan tempering yaitu penyesuaian suhu dari dua campuran yang berbeda.
  4. Lalu tuang gelatin kedalam panci cream-susu sambil tetap diaduk hingga semua gelatin tercampur rata dan larut sempurna.
  5. Saring panna cotta dengan saringan kain dan tuang ke dalam gelas atau mangkok saji.
  6. Untuk blood orange compote; aduk jeruk dan juice jeruk bersama madu sesaat sebelum disajikan. Sajikan panna cotta dengan orange compote dalam kondisi dingin.
Serve 3.

⇩ ⇩ ⇩ ⇩ ⇩ SIMPAN INI Dİ PINTEREST ⇩ ⇩ ⇩ ⇩ ⇩






loading...

No comments:

Post a Comment

Loving my blog? Please help me to share to your friends and tell to the world that my blog contents are valuable and interesting to visit. Subscribe or follow my Facebook, Tweeter, Pinterest or my instagram

My License

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 United States License. www.myhomediaryinturkey.blogspot.com

Copyright

MyFreeCopyright.com Registered & Protected